MENU

Halaman

Rabu, April 20, 2016

MENYELISIK MISTERI DI BLITAR



Pembicaraan mengenai perebutan kepemilikan Gunung Kelud antara Blitar dan Kediri, akhir-akhir ini kembali memanas. Keputusan gubernur untuk mengembalikan status kepemilikan Gunung Kelud menjadi milik kota dan kabupaten Blitar ditanggapi gembira masyarakat Blitar. Filosofi dari lagu daerah Blitar yang di dalam liriknya terselip lirik “Gunung Kelud kang ngayomi” benar-benar terjadi. Coba kita telisik lagi peristiwa meletusnya Gunung Kelud dua tahun lalu. Saat itu status kepemilikan Kelud masih menjadi milik Kabupaten Kediri. Ketika itu masyarakat Blitar yang sudah menganggap Gunung Kelud menjadi milik mereka sendiri merasa terdholimi, karena keputusan gubernur yang mematenkan Kelud menjadi milik Kediri. Namun nampaknya alam pun seakan dapat memilih sendiri kota mana yang berhak memiliinya. Saat Kelud mengamuk setahun lalu, Blitar tak tersentuh sedikit pun oleh amarahnya. Justru kota-kota yang jaraknya puluhan kilometer dari Kelud yang menjadi pelampiasannya. Misterius memang, yang jelas kini Kelud memilih untuk kembali mengayomi lagi kota dan kabupaten Blitar.
Bukan hanya Kelud yang menjadi pesona pemikat Blitar. Julukan kota patria yang lekat dengan Blitar agaknya memang cocok menjadi milik Blitar. Plokamator kita Bapak Ir. Soekarno kini di semayamkan di kota Blitar, banyak peninggalan sejarah perjuangan beliau yang berada di Blitar. Benda-benda bersejarah beliau banyak tersimpan dan tertata rapi di museum Bung Karno. Membahas tentang barang peninggalan Bung Karno, ada salah satu lukisan, memang bukan peninggalan beliau, tapi lukisan ini sengaja di buat untuk mengapresiasi jasa Bung karno yang tersimpan di Museum Bung karno. Dalam lukisan tersebut tersimpan misteri, banyak orang berkata di bagian dada dari lukisan Bung Karno tersebut memilki denyut jantung, layaknya makhluk hidup. Setiap orang yang pergi ke museum, hal pertama yang mereka buktikan adalah mitos tersebut, ada sebagian orang yang mampu melihatnya, namun tak jarang ada juga orang yang tidak bisa melihatnya. Bukan hanya itu, misteri mata uang kuno yang ada di museum itu, yang bisa menggulung sendiri ketika berada di telapak tangan seseorang, itu juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal maupun luar daerah untuk sekedar mampir dan membuktikan kebenaran mitos tersebut.
Bukan hanya itu saja, ada satu peristiwa lagi yang sampai saat ini masih misterius. Pemberontakan PETA di Blitar 14 Februari puluhan tahun lalu yang lekat dengan kisah patriotisme Sudanco Supriyadi dan misteri hilangnya beliau saat eksekusi mati. Dalam peristiwa itu, dikisahkan Sudanco Supriyadi yang merupakan salah satu pimpinan PETA Blitar tertangkap oleh musuh, dan akan mendapat eksekusi mati, namun saat eksekusi mati tiba-tiba beliau dikatakan telah menghilang, bahkan sampai saat ini keberadaan beliau masih misterius, tidak ada yang tahu, apakah beliau masih hidup ataukah sudah wafat, dan bahkan letak persemayaman terakhir beliau pun tak seorang pun yang tahu. Memang semua kisah-kisah tersebut menjadi cerita tersendiri tentang Blitar.

Kabupaten Blitar yang berada di daerah pesisir pantai, sehingga membuat blitar memiliki banyak pantai. Pantai-pantai yang terkenal di Blitar seperti, pantai tambakrejo, pantai jolosutro dan pantai serang. Semua pantai- pantai itu merupakan pantai laut selatan yang kental dengan kisah misteri ratu pantai selatan, sehingga di setiap pantai itu memiliki cerita sendiri tentang Nyi Roro Kidul lengkap dengan misteri-misterinya. Daerah Blitar merupakan daerah dataran tinggi dan juga daerah dataran rendah, sehingga obyek wisata di Blitar sangat banyak mulai dari pantai, sampai perkebunan teh.  Obyek wisata Blitar yang sangat banyak itu, ada yang sudah tereksplore ada juga yang masih menjadi mesterius, dan belum terjamah oleh orang lain, seperti pantai peh pulo, air terjun kedung grenjeng dan lain-lain. Di sana belum banyak terjamah oleh tangan manusia sehingga jika kita pergi kesana, kita seperti terdampar kesebuah pulau. Perlu waktu banyak untuk bisa mengeksplore Blitar, kota kecil yang penuh dengan misteri dan menyimpan keindahan surga dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama : Happiness

  Detail Drama: Happiness Revised romanization: Happiness Hangul: 해피니스 Director: Ahn Gil-Ho Writer: Han Sang-Woon Network: tvN, TVING Episod...