MENU

Halaman

Selasa, November 17, 2020

Kebutuhan Manusia

 

 

1.      jenis-jenis kebutuhan

Jenis-jenis kebutuhan dapat dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu:

a.        Jenis kebutuhan berdasarkan tingkat intensitasnya

Tingkat intensitas adalah keharusan dalam pemenuhan kebutuhan, dalam hal ini dibedakan menjai 3 kebutuhan yaitu:

·         Kebutuhan primer: kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk kebutuhan hidup dan kelangsungan hidup manusia. Apabila tidak dipenuhi akan mengalami kesulitan. Contoh: kebutuhan pangan, Sandang dan papan.

·         Kebutuhan sekunder: kebutuhan pelengkap, yang dapat terpenuhi setelah memenuhi kebutuhan primer. Sifat kebutuhan sekunder penting dan harus dipenuhi tapi tidak akan mempengaruhi hidup seseorang. Contoh: kebutuhan sekolah, perlengkapan rumah tangga.

·         Kebutuhan tersier: kebutuhan yang sifatnya sebagai kebutuhan yang dapat meningkatkan status seseorang. Kebutuhan ini dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Contoh: pakaian mewah, mobil, motor.

 

b.        Jenis kebutuhan berdasarkan subjeknya

Subjeknya kebutuhan, adalah orang yang menikmati kebutuhan. Dalam hal ini kebutuhan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

·         Kebutuhan pribadi/ individu: kebutuhan yang berhubungan dengan individu tertentu dan hanya dinikmati oleh individu. Contoh: pakaian, tabungan, perlengkapan mandi dll.

·         Kebutuhan public/ kelompok: kebutuhan yang berhubungan dengan orang banyak/ public dan dinikmati oleh banyak orang dan dimanfaatkan untuk umum. Contoh: jalan raya, jembatan, sekolah, dll.

 

c.         Jenis kebutuhan berdasarkan waktu

Berdasarkan waktu pemenuhan kebutuhannya kebutuhan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

·         Kebutuhan sekarang: kebutuhan yang mendesak dan harus dipenuhi dalam kurun waktu secepatnya dan tidak dapat ditunda-tunda. Contoh: kebutuhan obat untuk orang yang sakit.

·         Kebutuhan dimasa yang akan datang: kebutuhan yang dirancang dan direncanakan untuk memenuhi kebutuhan pada masa akan datang, dan biasanya masih dapat ditunda. Contoh: kebutuhan asuransi, atau tabungan untuk kuliah dimasa yang akan datang.

 

d.        Jenis kebutuhan menurut sifat pemenuhan kebutuhan

Kebutuhan ini digolongkan berdasrkan sasaran pemenuhan kebutuhan yang digunakan. Dalam hal ini dibedakan menjadi 2 yaitu:

·         Kebutuhan jasmani: kebutuhan yang berhubungan dengan tubuh fisik manusia, dan pemenuhannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik. Contoh: makanan, istirahat

·         Kebutuhan rohani: kebutuhan yang berkaitan dengan mental atau sisi psikologis seseorang. Contoh: kebutuhan untuk berekreasi, kebutuhan untuk ketenangan jiwa dan rohani

 

2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

Jika dicermati, terdapat perbedaan dalam jenis dan kebutuhan seseorang. Hal tersebut dapat dikarenakan adanya beberapa faktor seperti:

a.        Lingkungan

Lingkungan merupakan faktur utama yang membedakan kebutuhan seseorang. Setiap manusia yang tinggal dalam lingkungan berbeda akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Contoh: orang yang tinggal didaerah dingin akan membutuhkan pakaian tebal, sedangakan seseorang yang tinggal di daerah pesisir pantai akan lebih membutuhkan pakain yang lebih tipis dari pada pakaian yang tebal.

 

b.      Agama

Agama yang dianut setiap orang juga sangat mempengaruhi kebutuhan yang dibutuhkan setiap orang. Misalnya: orang Islam akan membutuhkan mukena, sedangkan orang yang beragama Nasrani tidak akan membutuhkan mukena. Atau juga saat hari natal orang Nasrani akan membutuhkan pohon natal.

 

c.       Adat istiadat

Setiap daerah memili adat istiadat yang berlaku pada masing-masing wilayahnya. Hal ini juga akan mempengaruhi kebutuhan masyarakat dalam wilayah tersebut. Contoh masyarakat didaerah bali akan banyak membutuhkan dupa karena didaerah tersebut memiliki adat untuk melakukan doa setiap pagi hari. Contoh lain masyarakat yang tinggal di daerah keraton Yogyakarta akan banyak membutuhkan kain jarik untuk pakaian sehari-hari.

 

d.      Kemajuan peradaban

Kemajuan peradaban dan teknologi yang ada didaerah dan pada masa tertentu juga akan mempengaruhi kebutuhan seseorang. Contoh: pada jaman dulu orang yang suka menulis surat akan banyak membutuhkan perangko, namun dimasa sekarang orang yang ingin berkirim kabar tak perlu lagi menggunakan surat, bisa menggunakan handphone. Jadi pada masa sekarang orang-orang akan banyak membutuhkan handphone.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama : Happiness

  Detail Drama: Happiness Revised romanization: Happiness Hangul: 해피니스 Director: Ahn Gil-Ho Writer: Han Sang-Woon Network: tvN, TVING Episod...