MENU

Halaman

Jumat, November 20, 2020

Indonesia dan Dunia tahun 2020



Tahun 2020, menurut ku adalah tahun yang penuh kejutan untuk, kita semua, Indonesia, bahkan Dunia. Ada apa??

Akhir tahun 2019, Dunia dikejutkan dengan merebakknya virus baru yang cukup unik dan mematikan di Wuhan China. Virus ini menyerang organ pernapasan, sebenarnya bukan virus yang benar2 asing, sudah ada jenisnya tapi yang terbaru ini sudah berevolusi. Ya kita tahu.. Corona virus, yang sekarang kita kenal dengan ‘covid-19’. Banyak korban jiwa dan kejadiaan luar biasa terjadi karena virus ini. Pada awalnya virus ini menyebar disatu negara China/ Tiongkok namun dengan pesatnya menyebar ke negara2 tetangganya bahkan ke dunia. Kira2 apa penyebabnya?? Menurutku karena.. Penduduk China yang kita tahu banyak sekali melakukan imigrasi ke berbagai negara. Di negara manapun kebanyakan selalu (blm pasti juga) ada keturuan china. Oleh kerena itu virus dengan cepat menyebar diiringi orang2 yang melakukan perjalanan.

Efek dari penyebaran virus ini tidak bisa dianggap bercanda. Mulai desember 2019 china telah membuat keputusan me’lockdown’ wilayah wuhan yang menjadi episentrum virus. Ya.. Melockdown sekarang menjadi istilah yang umum kita dengar, yaitu membatasi warganya melakukan aktivitas diluar wilayahnya, bahkan sekarang #stayhome atau #dirumahaja menjadi hal yang lumrah. Semua orang yang berada di wilayah lockdown dilarang untuk keluar dan tak ada ijin orang untuk masuk kewilayah tersebut.

Awalnya semua perhatian dunia mengarah pada china terkait bagaimana melakukan penangannnya. Beberapa negara sudah bersiap menangani hal tersebut dengan membuat peraturan melarang warga negara china untuk masuk negaranya. Namun tak sedikit yang terkesan acuh dan menganggap enteng kasus ini, padahal kita tahu banyak korban jiwa yang berjatuhan di China. Salah satunya yang saya rasa menjadi penyesalan terbesar Indonesia. Akhir 2019 sampai awal 2020, china mati-matian melawan covid-19 ini tapi salah satu bapak menteri di Indonesia dengan santai mengatakan, “covid-19 tidak akan bisa sampai di Indonesia”. (Percaya diri itu baik, tapi waspada yang lebih utama).

Hingga semua itu berubah sejak maret 2020, ditemukan 2 korban positif pertama yang tertular covid-19 di Indonesia tepatnya di daerah depok jakarta. Sejak saat itu pemerintah seperti kalang kabut mengatasi masalah ini. Sejak saat itu juga penyebaran covid-19 menjadi tak terkendali. Sampai sekarang awal juni korban yang ada di Indonesia sudah mencapai 29 ribu jiwa. Meskipun jumlah itu masih bukan yang terbesar, tapi jumlah itu sudah membuat Indonesia kalang kabut.

Jakarta dan jawa barat menjadi episentrum penyebaran virus. Dampaknya juga tak main2, ekonomi indonesia sempat melemah, ditandai dengan dolar yang tinggi. Kehidupan sosial masyarakat berubah drastis. Kebijakan yang diambil pemerintahpun bermacam dan banyak menjadi sorotan. Seperti PSBB (Pembatasan sosial Berskala Besar), melarang orang keluar rumah, menganjurkan work from home, pembelajaran siswa dilakukan secara daring, tempat ibadah ditutup dan semua kegiatan sebisa mungkin hanya dilakukan dirumah saja, relaksasi kredit, dsb.

Tentu semua ada pro dan kontra, tapi yang jelas pemerintah indonesia dan tenaga medis Indonesia mati-mati an melawan covid-19. Semua kalangan masyarakat biasa, penguasa, selebritas berusaha menyesuaikan diri dengan covid-19. Lambat laun semuanya menjadi terbiasa dan terlihat "new normal" tatanan sosial baru.

Dan... Pada akhirnya usaha para ilmuan setiap hari Hingga saat ini bulan oktober para ilmuan dunia sudah berhasil menemukan vaksin untuk virus ini. Hal ini menjadi kabar baik dan angin segar untuk semuanya. Dan pada akhirnya pemerintah juga sedang berusaha memaksimalkan vaksin untuk orang-orang yang diprioritaskan terlebih dahulu. 

Lega.. Akhirnya kehidupan akan kembali normal. Tahun 2020, akan menjadi tahun yang tak terlupakan untuk semuanya. Dan tak terasa 2020 akan segera berakhir, Semoga tahun 2021 menjadi tahun yang lebih lebih lebih baik dari 2020.

Sekian ya ceritanya, sebagai pengingat aja, tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi Indonesia dan dunia yang harus melawan si covid-19. Dan sekarang kita sudah siap menyambut tata kehidupan baru dan menyambut 2021 dengan harapan yang lebih baik lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Drama : Happiness

  Detail Drama: Happiness Revised romanization: Happiness Hangul: 해피니스 Director: Ahn Gil-Ho Writer: Han Sang-Woon Network: tvN, TVING Episod...